Pembelajaran HOMESCHOOLING



Pendidikan adalah hal yang umum, banyak cara untuk mendapatkan pendidikan. Sistem yang paling umum sekarang adalah pendidikan formal yang dilakukan di sekolah. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi pendidikan, muncul sistem baru dalam pendidikan, yaitu "Home Schooling".


Sistem ini masih tergolong sangat baru dan terdengar aneh di masyarakat. Pertanyaan yang sering muncul seperti, "apa itu home schooling?", "bagaimana standarnya?", dan masih banyak pertanyaan lain yang sering muncul.


Berikut akan diulas mengenai seluk-beluk Home Schooling.


Homeschooling adalah sebuah sistem pendidikan alternatif yang saat ini menjadi trend dan sering menjadi pilihan orang tua untuk memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Keberadaanya sah, diakui, sama dan sederajat dengan sekolah formal sesuai hukum di Indonesia. (dikutip dari: primagama)


Homeschooling, menurut buku Sekolah Rumah sebagai Satuan Pendidikan Kesetaraan, yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Luar Sekolah Departmen Pendidikan Nasional adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah dilakukan oleh orangtua/keluarga di rumah atau tempat-tempat lain dimana proses belajar mengajar dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif dengan tujuan agar setiap potensi anak yang unik dapat berkembang secara maksimal. (dikutip dari: primagama)


Dengan menggunakan metode "sekolah di rumah", siswa siswi bisa mendapat pendidikan selain di sekolah, namun tetap memiliki standar materi yang kualitasnya sama dengan sekolah formal biasa.


Dalam prakteknya, konsep pengajaran Homeschooling menekankan pada pemberdayaan potensi otak kiri dan otak kanan siswa dan juga mengembangkan konsep belajar bagaimana cara belajar ( learn how to learn ) yang baik, sehingga terciptalah output anak didik yang memiliki bekal ilmu pengetahuan yang baik ( knowledge ), kecakapan hidup yang baik ( lifeskill ), dan juga sikap hidup yang baik ( attitude ).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar