Pendidikan

Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk seluruh manusia. Di dalam Islam telah dijelaskan betapa pentingnya pendidikan bagi manusia, dan betapa pentingnya menuntut ilmu. Seperti tertera di bawah ini.

1. Surah al-Ankabut: 19-20

(أَوَلَمْ يَرَوْا كَيْفَ يُبْدِئُ اللَّهُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (19
(20)قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْض فَانْظُرُوا كَيْفَ بَدَأَ الْخَلْقَ  ثُمَّ اللَّهُ يُنْشِئُ النَّشْأَةَ الْآَخِرَةَ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ 

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian mengulanginya (kembali). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. {Q.S 29:19}

Katakanlah: "Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.{Q.S 29:20}


Dari ayat di atas kita diperintahkan untuk:1. Melakukan perjalanan, artinya kita harus mencari pendidikan dan menuntut ilmu, tidak hanya di satu tempat tetapi bisa di seluruh belahan dunia. Dengannya seseorang akan menemukan banyak pelajaran secara langsung belajar ataupun dengan pelajaran dari pengalaman.2. Melakukan pembelajaran, penelitian, dan percobaan dengan menggunakan segala yang kita mampu dengan didasari iman kepada Allah bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak kekal dan semuanya adalah bentuk kekuasaan Yang Maha Besar.

2. Surat al-‘Alaq {Q.S 96:1-5}

(اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1
(خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2
(3)  اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ 
(4) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
(5)  عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, {Q.S 96:1}
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. {Q.S 96:2}
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, {Q.S 96:3}
Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. {Q.S 96:4}
Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. {Q.S 96:5}


Kaitan dengan pendidikan adalah:
Allah SWT memerintahkan kita untuk "Baca", artinya kita harus mempelajari ilmu yang ada di muka bumi. Di dalam ayat pertama kita diperintahakan untuk " Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, intinya kita tidak boleh asal menuntut ilmu, tetapi harus tetap didasari dengan keislaman dan keimanan kepada Allah SWT.

Kemudian pada ayat selanjutnya "Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah", "Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam". Maksudnya adalah kita harus mempelajari segala sesuatu berdasar pada Kalamullah, atau Al Quran, karena Al Quran adalah sumber ilmu pengetahuan. Dengan mendalami Al Quran kita bisa mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat.

Demikianlah beberapa keterangan dalam Islam tentang pentingnya pendidikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar